.quickedit{display:none;}
“KITA BERBISNIS,BERILMU,BERAMAL”

Friday, February 18, 2011

Tahukah Anda, Tidak Semua Pimpinan Tahu “Job Description” yang Sebenarnya

Melva Emsy Simalango
HR Expert
(Vibizmanagement – HR) - Cukup mengherankan bahwa pimpinan pada level yang sangat tinggi seperti Direktur, ketika diminta membuatkan secara tertulis ruang lingkup pekerjaannya termasuk tugas dan tanggung jawabya (Job Description) ternyata dia tidak dapat mengerjakannya dengan baik.

Ada pimpinan menuliskan JOB DESCRIPTION (PALSU) yang tidak disadarinya dan mungkin banyak orang juga tidak menyadarinya. Seperti apakah Job Desc. (saya singkat) yang palsu itu?
1.Menjunjung tinggi azas integritas dan keadilan sebagai hal yang terutama dalam bekerja
2.Melakukan yang terbaik dalam setiap tanggung jawab kerja
3.Menghormati kebijakan perusahaan dan mengutamakan kepentingan perusahaan diatas segala kepentingan pribadi.
4.Dan seterusnya

Membacanya, mungkin anda berpikir orang ini sangat berpotensi dan penting bagi kemajuan perusahaan. Namun orang yang mengerti arti Job Desc yang sebenarnya mungkin akan menggelengkan kepala dan merasa kasihan terhadap orang ini bahkan ada yang tega menertawakannya.

Melalui artikel ini marilah kita sama-sama belajar apa yang dimaksudkan dengan Job Desc. itu sendiri sebab contoh diatas sama sekali BUKAN job Desc, melainkan NILAI-NILAI (VALUE) yang diharapkan PERUSAHAAN ada di hati karyawannya sebagai MOTIVASI yang membangkitkan semangat kerja.

Berikut beberapa indikator dan cara mudah membuat Job Desc. yang sebenarnya :
1.Haruslah menunjukkan pekerjaan dan tanggung jawab yang harus anda lakukan setiap harinya
2.Kata awal yang dibuat lebih banyak adalah kata kerja yang berhubungan dengan posisi anda di perusahaan misalnya jika anda seorang manager – maka kata awalnya: mengatur atau to manage…..
3.Tiap bagian Job Desc harus mencakup bagian-bagian pekerjaan yang dipadatkan dari beberapa pekerjaan kecil namun yang masih berhubungan. Contoh: Tugas administrasi termasuk: membuat surat, mencetak surat, meminta tanda tangan Direksi/Manager atas surat tsb dan menyimpan copy dari surat itu. Ini merupakan 1 (satu) Job Desc. BUKAN 4 (empat) Job Desc. Jadi JOB Desc. untuk pekerjaan ini : melakukan segala pekerjaan yang bersifat administratif seperti…… (potongan kerja diatas yang masih berhubungan dengan hal-hal administratif).
4.Dalam job desc. juga harus dicantumkan sejauh mana wewenang (otoritas) dari pekerja misalkan untuk level manager keuangan, salah satu contoh Job Desc-nya adalah:
Memeriksa dan menyetujui semua permintaan dana yang tepat, benar dan barhasil guna bagi kelancaran operasional demi kemajuan dan kepentingan perusahan sampai batas maksimum 10 juta rupiah.
5.Tiap-tiap job desc harus ditulis secara lengkap namun singkat, tepat dan benar. Jangan keluar dari inti pekerjaan pada jabatannya sehingga tidak membingungkan pekerja dan menghindarkan pekerja dari pekerjaan pada jabatan atau bagian lain.

Mudah-mudahan dengan sedikit tulisan ini anda dapat lebih memahami arti dan cara membuat job desc karyawan, apalagi jika anda adalah seorang praktisi HR.

Sukses untuk anda!


MV/RP/vbm

No comments:

Post a Comment

Print Postingan