.quickedit{display:none;}
“KITA BERBISNIS,BERILMU,BERAMAL”

Friday, February 18, 2011

Membangun Kerjasama Team Yang Solid

Melva Emsy Simalango
HR Expert

(managementfile – HR) - Dalam hal memajukan perusahaan, sangat diperlukan suatu organisasi yang kuat dan solid. Kerja sama sangat bergantung pada hubungan dan komunikasi yang terjalin diantara para pihak yang terlibat. Komunikasi yang baik dapat tercipta bila interaksi antar satu karyawan dengan yang lain terbina dengan baik. Karena itu diperlukan suatu pertemuan yang berkualitas, di mana setiap kali pertemuan ada suatu komunikasi yang baik, dan ada hasil / output yang dihasilkan. Anda tidak bisa berharap sebuah proyek berskala besar bisa berjalan sukses tanpa adanya partisipasi aktif semua pihak yang berada di dalam organisasi walaupun organisasi telah menunjuk orang-orang terhebat di dalamnya.

Dengan kemajuan teknologi, kontinuitas dan intensitas interaksi tidak selalu berupa tatap muka langsung. Ada media internet dan telekomunikasi seluler yang semakin efektif digunakan untuk menjaga interaksi dalam organisasi mendukung kerja sama secara penuh. Dan,ketika orang di dalam organisasi menjadi saling percaya, mereka bisa mengatasi berbagai perbedaan dan masalah yang terjadi sepelik apapun.

Dengan kepercayaan, bawahan dan pimpinan bekerja bersama-sama menuju pencapaian tujuan perusahaan. Di dalam jangka panjang, kepercayaan bisa jadi merupakan faktor penentu kesuksesan perusahaan yang paling utama. Di lain pihak, kepercayaan juga paling mudah di rusak yaitu ketika salah satu atau sekelompok anggota organisasi tidak dilibatkan dalam tugas-tugas pekerjaan atau ketika seorang pimpinan mengatakan sesuatu tetapi mengerjakan hal yang lainnya, maka kepercayaan yang ada bisa luntur bahkan hilang sama sekali. Untuk itu, kepercayaan harus terus dipelihara satu dengan yang lain dengan adanya komunikasi yang baik sehingga terjalin kerja sama yang baik.

Terbentuknya team work yang solid (dari team yang sudah dipilih/diseleksi sebelumnya) khususnya dalam pengerjaan suatu proyek besar maupun pencapaian tujuan perusahaan pada umumnya, paling tidak memerlukan komponen-komponen yang dapat didefinisikan sebagai berikut:
1. Trust : Rasa percaya kepada setiap karyawan yang terlibat baik antara pimpinan dan karyawan dan pihak terkait lainnya.
2. Commitment: Ikatan kesepakatan dari tiap-tiap karyawan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang disepakati sejak awal untuk dipenuhi.
3. Routine Meeting: Pertemuan rutin/berkala yang harus konsisten diadakan untuk berkoordinasi dan memantau tiap perkembangan apakah sudah berjalan sesuai rencana atau tidak.
4. Financial & Tools readiness/support: Pastikan kesiapan kita sudah matang khususnya dalam hal dana/keuangan dan perangkat lainnya yang diperlukan.
5. Reward : Ini akan menjadi penyemangat kepada Team untuk semakin membulatkan tekad dan komitmen untuk dapat berhasil mewujudkan target yang ditetapkan.

No comments:

Post a Comment

Print Postingan