Melva Emsy Simalango HR Expert |
(managementfile – HR) - Setiap karyawan pasti memiliki suatu keinginan untuk sukses dalam setiap pekerjaan yang dilakukannya, dan semakin maju dalam berkarir. Rasanya setiap orang ingin yang segalanya cepat dan instant. Mungkinkah demikian dalam karir?. “Easy come Easy Go” begitu salah satu istilah orang-orang professional yang sering kita dengar, namun ingat ada hal yang dapat kita pegang dan hasilnya akan jauh lebih cepat daripada semua cara lain terlebih lagi cara yang tidak sehat yaitu: IKUTI PROSESNYA. Kelihatannya saja bergerak lambat tapi percayalah ini jauh lebih cepat daripada anda mengalami apa yang dinamakan jatuh bangun dan jatuh lagi lebih dalam, ini lebih menguras tenaga dan waktu anda sementara hasilnya tidak lebih baik daripada anda mengikuti proses yang anda harus lalui dalam jenjang karir anda. Satu kunci dalam proses yang harus kita miliki yaitu kepercayaan yang kita bangun. Bila kita dipercaya dalam suatu perusahaan untuk mengemban suatu tanggung jawab maka biarlah kita jaga kepercayaan itu sehingga kita memiliki suatu reputasi yang baik dan dapat melancarkan karir kita. Tips-Tips yang dapat kita ingat untuk memiliki karir yang baik : 1.Lakukan setiap pekerjaan kita di atas standard yang diharapkan. Dengan demikian, kita memberikan nilai tambah. Contohnya, berikan ide-ide terbaik kepada atasan dan berkreasi dalam pekerjaan yang kita lakukan 2.Bersikap proaktif, yaitu mencari solusi dalam setiap permasalahan yang dihadapi 3.Lakukan setiap pekerjaan tambahan yang diberikan dengan yang terbaik, sekalipun pekerjaan tersebut bukanlah jobdesk kita bahkan resikonya adalah kita harus mengambil lembur untuk pekerjaan tersebut 4.Menciptakan suasana yang menyenangkan ketika di kantor dan selalu berpikir positif, bahkan bila kita memiliki masalah pribadi di rumah jangan sampai masalah tersebut mempengaruhi akan pekerjaan kita tetapi tetap fokus dalam menjalankan pekerjaan kita 5.Memiliki penampilan yang baik disesuaikan dengan pekerjaan kita dan jangan berlebihan. 6.Berlaku professional setiap saat dalam melakukan setiap pekerjaan kita Tips diatas dapat anda hasilkan bila anda pertama-tama membangun diri anda sendiri terlebih dahulu, bagaimana cara membangun/develop diri sendiri: 1.Integrity Bangun jiwa kejujuran dan kesetiaan dalam diri anda sendiri. Perkuat iman anda dalam apa yang anda yakini. Ingat kita tidak dapat melepaskan diri dari kekuatan dan kuasa dari Tuhan Yang Maha Esa. 2.Networking Bangun komunitas dengan orang-orang professional yang dapat memperluas wawasan dan menambah pengetahuan anda pada bidang lain yang mungkin kurang anda kuasai. Ini sangat penting untuk kemajuan karir anda. Semakin luas network yang anda bangun semakin luas pula kreatifitas anda dibangun. 3.Never stop to learn from anything, anywhere, anyone & anytime Jadilah rendah hati supaya anda selalu merasa harus belajar dimana saja, kapan saja, melalui apa dan siapa saja. Percayalah tidak ada yang salah dari keinginan untuk belajar hal-hal yang baik. Jangan pernah menunggu untuk belajar, anda yang harus proaktif untuk belajar. Jangan terlalu menjaga diri dari “image” (tipis bedanya dari rasa sombong) yang sebenarnya justru membuat diri anda sendiri dijauhi dan menjauhkan diri dari kelimpahan banyak hal yang baik. Salam sukses. MV/RP/mgf |
Friday, February 18, 2011
Ingin Cepat Sukses Dalam Berkarir
Labels:
Motivasi
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment